Kamis, 29 Oktober 2015

Visiting Doctor Program Studi Bimbingan dan Konseling

Kegiatan Visiting Doctor Program Studi Bimbingan dan Konseling
29 Oktober 2015
Prof.Louis Down PhD (Pakar Konseling Traumatic Amerika)



Konseling Traumatik adalah upaya konselor untuk membantu klien yang mengalami trauma melalui proses hubungan pribadi sehingga klien dapat memahami diri sehubungan dengan masalah trauma yang dialami dan berusaha untuk mengatasinya sebail mungkin
Konseling Traumatik berbeda dengan konseling biasa, Perbedaan itu terletak pada ,waktu, fokus, aktifitas dan tujuan. Dilihat dari segi waktu, konseling trumatik pada umumnya memerlukan waktu lebih pendek dibandingkan dengan konseling biasa.
Konseling traumatic memerlukan waktu satu sampai enam sesi, adapun konseling biasa pada umumnya memerlukan waktu satu hingga dua puluh sesi, Dilihat dari fokus konseling traumatic lebih memperhatikan pada satu masalah yaitu trauma yang terjadi dan dirasakan sekarang.
Dilihat dari tujuan konseling, konseling traumatic lebih menekankan kepada pulihnya kembali klien pada keadaan sebelum trauma dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru . Proses konseling traumatic terlaksana karena hubungan konseling berjalan dengan baik.Proses konseling traumatic adalah peristiwa yang tengah berlangsung dan memberi makna bagi klien yang mengalami trauma dan memberi makna pula bagi konselor yang membantu mengatasi trauma klienya.

Dokumentasi Kegiatan







SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :